Pages
▼
Friday, 28 June 2013
Download Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI-KD) SD/MI Kurikulum 2013
Kompetensi Inti merupakan kompetensi yang mengikat berbagai Kompetensi Dasar ke dalam aspek sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas, dan mata pelajaran.
Mata pelajaran adalah unit organisasi Kompetensi Dasar yang terkecil. Untuk kurikulum SD/MI organisasi Kompetensi Dasar kurikulum dilakukan melalui pendekatan terintegrasi (integrated curriculum).
Kompetensi Inti SD adalah sebagai berikut:
Selanjutnya bagi rekan yang ingin mengetahui dan mempelajari KI-KD Kurikulum 2013 SD/MI untuk setiap mata pelajaran, silakan unduh dengan meng-klik link tautan berikut ini
Selanjutnya bagi rekan yang ingin mengetahui, mempelajari dan mengoleksi KI-KD Kurikulum 2013 SD/MI untuk setiap mata pelajaran, silakan unduh dengan meng-klik tautan berikut ini....
KI-KD Pendidikan Agama SD
KI-KD Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SD
KI-KD Bahasa Indonesia SD
KI-KD Matematika SD
KI-KD IPA SD
KI-KD IPS SD
KI-KD Seni Budaya dan Prakarya SD
KI-KD Penjasorkes SD
Download Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI-KD) SMP Kurikulum 2013
Mata pelajaran adalah unit organisasi terkecil dari Kompetensi Dasar.
Untuk kurikulum SMP/MTs organisasi Kompetensi Dasar kurikulum dilakukan
dengan cara mempertimbangkan kesinambungan antar kelas dan keharmonisan
antarmata pelajaran yang diikat dengan Kompetensi Inti. Berdasarkan
pendekatan ini maka terjadi reorganisasi Kompetensi Dasar mata pelajaran
sehingga struktur Kurikulum SMP/MTs menjadi lebih sederhana karena
jumlah mata pelajaran dan jumlah materi berkurang.
Khusus untuk muatan lokal, Kompetensi Dasar yang berkenaan dengan seni budaya, dan keterampilan, serta bahasa daerah dapat diintegrasikan ke dalam mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya. Sedangkan Kompetensi Dasar muatan lokal yang berkenaan dengan olahraga serta permainan daerah diintegrasikan ke dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.
Kompetensi Inti SMP/MTs adalah sebagai berikut:
Selanjutnya bagi rekan-rekan yang ingin mengetahui, mempelajari dan mengoleksi KI-KD Kurikulum 2013 SMP/MTs untuk setiap mata pelajaran, silakan unduh dengan meng-klik tautan berikut ini
KI-KD Pendidikan Agama SMP
KI-KD Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP
KI-KD Bahasa Indonesia SMP
KI-KD Bahasa Inggris SMP
KI-KD Matematika SMP
KI-KD IPA SMP
KI-KD IPS SMP
KI-KD SENI BUDAYA SMP
KI-KD PENJASORKES SMP
KI-KD PRAKARYA SMP
Khusus untuk muatan lokal, Kompetensi Dasar yang berkenaan dengan seni budaya, dan keterampilan, serta bahasa daerah dapat diintegrasikan ke dalam mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya. Sedangkan Kompetensi Dasar muatan lokal yang berkenaan dengan olahraga serta permainan daerah diintegrasikan ke dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.
Kompetensi Inti SMP/MTs adalah sebagai berikut:
Selanjutnya bagi rekan-rekan yang ingin mengetahui, mempelajari dan mengoleksi KI-KD Kurikulum 2013 SMP/MTs untuk setiap mata pelajaran, silakan unduh dengan meng-klik tautan berikut ini
KI-KD Pendidikan Agama SMP
KI-KD Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP
KI-KD Bahasa Indonesia SMP
KI-KD Bahasa Inggris SMP
KI-KD Matematika SMP
KI-KD IPA SMP
KI-KD IPS SMP
KI-KD SENI BUDAYA SMP
KI-KD PENJASORKES SMP
KI-KD PRAKARYA SMP
Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) pada Kurikulum 2013
Ada beberapa hal yang
perlu dimengerti terutama mengenai istilah kompetensi inti dan
kompetensi dasar. Menilik pada KTSP, bawah kedalaman muatan kurikulum
dituangkan dalam kompetensi yang terdiri atas standar kompetensi dan
kompetensi dasar pada setiap tingkat dan/atau semester. Standar
kompetensi merupakan penjabaran dari standar kompetensi lulusan (SKL).
SKL secara keseluruhan terdiri atas SKL satuan pendidikan, standar
kompetensi kelompok mata pelajaran, standar kompetensi (SK) dan
kompetensi dasar (KD) mata pelajaran. Kompetensi Dasar merupakan
sejumlah kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam mata
pelajaran tertentu sebagai rujukan untuk menyusun indikator kompetensi.
Nah..pada kurikulum 2013 nanti, istilah SK-KD ini akan digantikan menjadi Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Apakah pengertian 2 istilah tersebut? Baiklah..mari kita simak penjelasan berikut yang saya ambil dari dokumen kurikulum 2013..
Kompetensi Inti merupakan terjemahan atau operasionalisasi SKL dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki mereka yang telah menyelesaikan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu atau jenjang pendidikan tertentu, gambaran mengenai kompetensi utama yang dikelompokkan ke dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan (afektif, kognitif, dan psikomotor) yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran. Kompetensi Inti harus menggambarkan kualitas yang seimbang antara pencapaian hard skills dan soft skills.
Kompetensi Inti berfungsi sebagai unsur pengorganisasi (organising element) kompetensi dasar. Sebagai unsur pengorganisasi, Kompetensi Inti merupakan pengikat untuk organisasi vertikal dan organisasi horizontal Kompetensi Dasar. Organisasi vertikal Kompetensi Dasar adalah keterkaitan antara konten Kompetensi Dasar satu kelas atau jenjang pendidikan ke kelas/jenjang di atasnya sehingga memenuhi prinsip belajar yaitu terjadi suatu akumulasi yang berkesinambungan antara konten yang dipelajari siswa. Organisasi horizontal adalah keterkaitan antara konten Kompetensi Dasar satu mata pelajaran dengan konten Kompetensi Dasar dari mata pelajaran yang berbeda dalam satu pertemuan mingguan dan kelas yang sama sehingga terjadi proses saling memperkuat.
Kompetensi Inti dirancang dalam empat kelompok yang saling terkait yaitu berkenaan dengan sikap keagamaan (kompetensi inti 1), sikap sosial (kompetensi 2), pengetahuan (kompetensi inti 3), dan penerapan pengetahuan (kompetensi 4). Keempat kelompok itu menjadi acuan dari Kompetensi Dasar dan harus dikembangkan dalam setiap peristiwa pembelajaran secara integratif. Kompetensi yang berkenaan dengan sikap keagamaan dan sosial dikembangkan secara tidak langsung (indirect teaching) yaitu pada waktu peserta didik belajar tentang pengetahuan (kompetensi kelompok 3) dan penerapan pengetahuan (kompetensi Inti kelompok 4).
Kompetensi Dasar merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang diturunkan dari Kompetensi Inti. Kompetensi Dasar adalah konten atau kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didik. Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran.
Mata pelajaran sebagai sumber dari konten untuk menguasai kompetensi bersifat terbuka dan tidak selalu diorganisasikan berdasarkan disiplin ilmu yang sangat berorientasi hanya pada filosofi esensialisme dan perenialisme. Mata pelajaran dapat dijadikan organisasi konten yang dikembangkan dari berbagai disiplin ilmu atau non disiplin ilmu yang diperbolehkan menurut filosofi rekonstruksi sosial, progresif atau pun humanisme. Karena filosofi yang dianut dalam kurikulum adalah eklektik seperti dikemukakan di bagian landasan filosofi maka nama mata pelajaran dan isi mata pelajaran untuk kurikulum yang akan dikembangkan tidak perlu terikat pada kaedah filosofi esensialisme dan perenialisme.
Untuk dapat lebih memahami dari penjelasan di atas, anda bisa baca penjabarannya pada postingan saya berikutnya. Terima kasih.
Nah..pada kurikulum 2013 nanti, istilah SK-KD ini akan digantikan menjadi Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Apakah pengertian 2 istilah tersebut? Baiklah..mari kita simak penjelasan berikut yang saya ambil dari dokumen kurikulum 2013..
Kompetensi Inti merupakan terjemahan atau operasionalisasi SKL dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki mereka yang telah menyelesaikan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu atau jenjang pendidikan tertentu, gambaran mengenai kompetensi utama yang dikelompokkan ke dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan (afektif, kognitif, dan psikomotor) yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran. Kompetensi Inti harus menggambarkan kualitas yang seimbang antara pencapaian hard skills dan soft skills.
Kompetensi Inti berfungsi sebagai unsur pengorganisasi (organising element) kompetensi dasar. Sebagai unsur pengorganisasi, Kompetensi Inti merupakan pengikat untuk organisasi vertikal dan organisasi horizontal Kompetensi Dasar. Organisasi vertikal Kompetensi Dasar adalah keterkaitan antara konten Kompetensi Dasar satu kelas atau jenjang pendidikan ke kelas/jenjang di atasnya sehingga memenuhi prinsip belajar yaitu terjadi suatu akumulasi yang berkesinambungan antara konten yang dipelajari siswa. Organisasi horizontal adalah keterkaitan antara konten Kompetensi Dasar satu mata pelajaran dengan konten Kompetensi Dasar dari mata pelajaran yang berbeda dalam satu pertemuan mingguan dan kelas yang sama sehingga terjadi proses saling memperkuat.
Kompetensi Inti dirancang dalam empat kelompok yang saling terkait yaitu berkenaan dengan sikap keagamaan (kompetensi inti 1), sikap sosial (kompetensi 2), pengetahuan (kompetensi inti 3), dan penerapan pengetahuan (kompetensi 4). Keempat kelompok itu menjadi acuan dari Kompetensi Dasar dan harus dikembangkan dalam setiap peristiwa pembelajaran secara integratif. Kompetensi yang berkenaan dengan sikap keagamaan dan sosial dikembangkan secara tidak langsung (indirect teaching) yaitu pada waktu peserta didik belajar tentang pengetahuan (kompetensi kelompok 3) dan penerapan pengetahuan (kompetensi Inti kelompok 4).
Kompetensi Dasar merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang diturunkan dari Kompetensi Inti. Kompetensi Dasar adalah konten atau kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didik. Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran.
Mata pelajaran sebagai sumber dari konten untuk menguasai kompetensi bersifat terbuka dan tidak selalu diorganisasikan berdasarkan disiplin ilmu yang sangat berorientasi hanya pada filosofi esensialisme dan perenialisme. Mata pelajaran dapat dijadikan organisasi konten yang dikembangkan dari berbagai disiplin ilmu atau non disiplin ilmu yang diperbolehkan menurut filosofi rekonstruksi sosial, progresif atau pun humanisme. Karena filosofi yang dianut dalam kurikulum adalah eklektik seperti dikemukakan di bagian landasan filosofi maka nama mata pelajaran dan isi mata pelajaran untuk kurikulum yang akan dikembangkan tidak perlu terikat pada kaedah filosofi esensialisme dan perenialisme.
Untuk dapat lebih memahami dari penjelasan di atas, anda bisa baca penjabarannya pada postingan saya berikutnya. Terima kasih.
Struktur Kurikulum 2013 SMP/MTs
Struktur kurikulum adalah juga merupakan aplikasi konsep
pengorganisasian konten dalam sistem belajar dan pengorganisasian beban
belajar dalam sistem pembelajaran. Pengorganisasian konten dalam sistem
belajar yang digunakan untuk kurikulum yang akan datang adalah sistem
semester sedangkan pengorganisasian beban belajar dalam sistem
pembelajaran berdasarkan jam pelajaran per semester.
Beban belajar di SMP/MTs untuk kelas VII, VIII, dan IX masing-masing 38 jam per minggu. Jam belajar SMP/MTs adalah 40 menit.
Struktur Kurikulum SMP/MTs adalah sebagai berikut:
Keterangan:
*Muatan lokal dapat memuat Bahasa Daerah
Ekstra Kurikuler SMP/MTs antara lain:
- Pramuka (Wajib)
- OSIS
- UKS
- PMR
Kelompok A adalah mata pelajaran yang memberikan orientasi kompetensi lebih kepada aspek kognitif dan afektif sedangkan kelompok B adalah mata pelajaran yang lebih menekankan pada aspek afektif dan psikomotor. Seni Budaya dan Prakarya menjadi dua mata pelajaran yang terpisah. Untuk seni budaya didalamnya terdapat pilihan yang disesuaikan dengan minat siswa dan kesiapan satuan pendidik dalam melaksanakannya.
Dalam struktur kurikulum SMP/MTs ada penambahan jam belajar per minggu dari semula 32, 32, dan 32 menjadi 38, 38 dan 38 untuk masing-masing kelas VII, VIII, dan IX. Sedangkan lama belajar untuk setiap jam belajar di SMP/MTs tetap yaitu 40 menit.
Beban belajar di SMP/MTs untuk kelas VII, VIII, dan IX masing-masing 38 jam per minggu. Jam belajar SMP/MTs adalah 40 menit.
Struktur Kurikulum SMP/MTs adalah sebagai berikut:
Keterangan:
*Muatan lokal dapat memuat Bahasa Daerah
Ekstra Kurikuler SMP/MTs antara lain:
- Pramuka (Wajib)
- OSIS
- UKS
- PMR
Kelompok A adalah mata pelajaran yang memberikan orientasi kompetensi lebih kepada aspek kognitif dan afektif sedangkan kelompok B adalah mata pelajaran yang lebih menekankan pada aspek afektif dan psikomotor. Seni Budaya dan Prakarya menjadi dua mata pelajaran yang terpisah. Untuk seni budaya didalamnya terdapat pilihan yang disesuaikan dengan minat siswa dan kesiapan satuan pendidik dalam melaksanakannya.
Dalam struktur kurikulum SMP/MTs ada penambahan jam belajar per minggu dari semula 32, 32, dan 32 menjadi 38, 38 dan 38 untuk masing-masing kelas VII, VIII, dan IX. Sedangkan lama belajar untuk setiap jam belajar di SMP/MTs tetap yaitu 40 menit.
Struktur Kurikulum 2013 untuk SD/MI
Struktur
kurikulum menggambarkan konseptualisasi konten kurikulum dalam bentuk
mata pelajaran, posisi konten/mata pelajaran dalam kurikulum, dostribusi
konten/mata pelajaran dalam semester atau tahun, beban belajar untuk
mata pelajaran dan beban belajar per minggu untuk setiap siswa.
Struktur kurikulum terdiri atas sejumlah mata pelajaran, beban belajar, dan kalender pendidikan.
Struktur Kurikulum 2013 untuk SD/MI adalah sebagai berikut:
Keterangan:
*Muatan lokal dapat memuat Bahasa Daerah
Kegiatan Ekstra Kurikuler SD/MI antara lain:
- Pramuka (Wajib)
- UKS
- PMR
Kelompok A adalah mata pelajaran yang memberikan orientasi kompetensi lebih kepada aspek kognitif dan afektif sedangkan kelompok B adalah mata pelajaran yang lebih menekankan pada aspek afektif dan psikomotor.
Integrasi Kompetensi Dasar IPA dan IPS didasarkan pada keterdekatan makna dari konten Kompetensi Dasar IPA dan IPS dengan konten Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, serta Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang berlaku untuk kelas I, II, dan III. Sedangkan untuk kelas IV, V dan VI, Kompetensi Dasar IPA dan IPS berdiri sendiri dan kemudian diintegrasikan ke dalam tema-tema yang ada untuk kelas IV, V dan VI.
Struktur kurikulum terdiri atas sejumlah mata pelajaran, beban belajar, dan kalender pendidikan.
Struktur Kurikulum 2013 untuk SD/MI adalah sebagai berikut:
Keterangan:
*Muatan lokal dapat memuat Bahasa Daerah
Kegiatan Ekstra Kurikuler SD/MI antara lain:
- Pramuka (Wajib)
- UKS
- PMR
Kelompok A adalah mata pelajaran yang memberikan orientasi kompetensi lebih kepada aspek kognitif dan afektif sedangkan kelompok B adalah mata pelajaran yang lebih menekankan pada aspek afektif dan psikomotor.
Integrasi Kompetensi Dasar IPA dan IPS didasarkan pada keterdekatan makna dari konten Kompetensi Dasar IPA dan IPS dengan konten Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, serta Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang berlaku untuk kelas I, II, dan III. Sedangkan untuk kelas IV, V dan VI, Kompetensi Dasar IPA dan IPS berdiri sendiri dan kemudian diintegrasikan ke dalam tema-tema yang ada untuk kelas IV, V dan VI.
Unduh Gratis Buku Kurikulum 2013 SD
Viva Kurikulum 2013. Kali ini saya ingin berbagi
tentang buku pelajaran yang digunakan untuk Kurikulum 2013. Buku
Pelajaran Kurikulum 2013 sudah bisa dibaca, dipelajari dan diunduh alias
didownload secara gratis. Buku Tematik Kurikulum 2013 untuk SD terdiri
dari 8 tema untuk kelas 1 dan 9 tema untuk kelas 4, serta 1 buku mata
pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dan 1 buku Penjaskes. Buku
Kurikulum 2013 ada dua jenis yaitu Buku Pegangan Siswa dan Buku Pegangan
Guru. Untuk Implementasi tahap pertama ini sekolah yang menerapkan
Kurikulum 2013 hanya Kelas I SD dan Kelas IV SD.
Memang..implementasi Kurikulum 2013 masih pada tahap pelatihan PTK, dimulai pelatihan Instruktur Nasional, kemudian pelatihan Guru Inti dan selanjutnya pelatihan untuk Guru Sasaran. Bagi sekolah yang ditunjuk untuk melaksanakan Kurikulum 2013, semua fasilitas dan keperluan implementasi Kurikulum 2013 akan dipersiapkan oleh pemerintah termasuk mendapatkan buku gratis. Sekolah yang tidak ditunjuk pun dapat mengajukan diri untuk menerapkan Kurikulum 2013, namun untuk buku diadakan secara swadaya.
Nah..sekarang untuk memperoleh buku-buku BSE Kurikulum 2013 dapat dengan mudah diunduh secara gratis melalui Rumah Belajar Kemdikbud. Ok..langsung saja saya akan berikan link unduhan untuk dapat mendownload Buku Pelajaran SD Tematik
Cara mendownload di adf.ly, tunggu hingga pada pojok kanan atas ada tulisan "SKIP AD" atau "LEWATI" lalu klik pada tulisan tersebut. Demikianlah yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.
Memang..implementasi Kurikulum 2013 masih pada tahap pelatihan PTK, dimulai pelatihan Instruktur Nasional, kemudian pelatihan Guru Inti dan selanjutnya pelatihan untuk Guru Sasaran. Bagi sekolah yang ditunjuk untuk melaksanakan Kurikulum 2013, semua fasilitas dan keperluan implementasi Kurikulum 2013 akan dipersiapkan oleh pemerintah termasuk mendapatkan buku gratis. Sekolah yang tidak ditunjuk pun dapat mengajukan diri untuk menerapkan Kurikulum 2013, namun untuk buku diadakan secara swadaya.
Nah..sekarang untuk memperoleh buku-buku BSE Kurikulum 2013 dapat dengan mudah diunduh secara gratis melalui Rumah Belajar Kemdikbud. Ok..langsung saja saya akan berikan link unduhan untuk dapat mendownload Buku Pelajaran SD Tematik
Download Buku Kurikulum 2013 Kelas 1 SD
Download Buku Kurikulum 2013 Kelas IV SD
Cara mendownload di adf.ly, tunggu hingga pada pojok kanan atas ada tulisan "SKIP AD" atau "LEWATI" lalu klik pada tulisan tersebut. Demikianlah yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.
Thursday, 27 June 2013
Daftar Tema dan Alokasi Waktu Kurikulum 2013 SD
Kurikulum
SD/MI menggunakan pendekatan pembelajaran tematik integratif dari kelas
I sampai kelas VI. Pembelajaran tematik integratif merupakan pendekatan
pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari berbagai
mata pelajaran ke dalam berbagai tema.
Pengintegrasian tersebut dilakukan dalam dua hal, yaitu integrasi sikap, keterampilan dan pengetahuan dalam proses pembelajaran dan integrasi berbagai konsep dasar yang berkaitan. Tema merajut makna berbagai konsep dasar sehingga peserta didik tidak belajar konsep dasar secara parsial. Dengan demikian pembelajarannya memberikan makna yang utuh kepada peserta didik seperti tercermin pada berbagai tema yang tersedia.
Dalam pembelajaran tematik integratif, tema yang dipilih berkenaan dengan alam dan kehidupan manusia. Untuk kelas I, II, dan III, keduanya merupakan pemberi makna yang substansial terhadap mata pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, Seni-Budaya dan Prakarya, serta Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Di sinilah Kompetensi Dasar dari IPA dan IPS yang diorganisasikan ke mata pelajaran lain memiliki peran penting sebagai pengikat dan pengembang Kompetensi Dasar mata pelajaran lainnya.
Dari sudut pandang psikologis, peserta didik belum mampu berpikir abstrak untuk memahami konten mata pelajaran yang terpisah kecuali kelas IV, V, dan VI sudah mulai mampu berpikir abstrak. Pandangan psikologi perkembangan dan Gestalt memberi dasar yang kuat untuk integrasi Kompetensi Dasar yang diorganisasikan dalam pembelajaran tematik. Dari sudut pandang transdisciplinarity maka pengotakan konten kurikulum secara terpisah ketat tidak memberikan keuntungan bagi kemampuan berpikir selanjutnya.
Berikut ini daftar tema dan alokasi waktu pada pembelajaran tematik integratif SD di kurikulum 2013
Kalau mau lebih jelasnya dapat diunduh di tautan berikut ini
Daftar Tema dan Alokasi Waktu Kurikulum 2013 SD
Pengintegrasian tersebut dilakukan dalam dua hal, yaitu integrasi sikap, keterampilan dan pengetahuan dalam proses pembelajaran dan integrasi berbagai konsep dasar yang berkaitan. Tema merajut makna berbagai konsep dasar sehingga peserta didik tidak belajar konsep dasar secara parsial. Dengan demikian pembelajarannya memberikan makna yang utuh kepada peserta didik seperti tercermin pada berbagai tema yang tersedia.
Dalam pembelajaran tematik integratif, tema yang dipilih berkenaan dengan alam dan kehidupan manusia. Untuk kelas I, II, dan III, keduanya merupakan pemberi makna yang substansial terhadap mata pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, Seni-Budaya dan Prakarya, serta Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Di sinilah Kompetensi Dasar dari IPA dan IPS yang diorganisasikan ke mata pelajaran lain memiliki peran penting sebagai pengikat dan pengembang Kompetensi Dasar mata pelajaran lainnya.
Dari sudut pandang psikologis, peserta didik belum mampu berpikir abstrak untuk memahami konten mata pelajaran yang terpisah kecuali kelas IV, V, dan VI sudah mulai mampu berpikir abstrak. Pandangan psikologi perkembangan dan Gestalt memberi dasar yang kuat untuk integrasi Kompetensi Dasar yang diorganisasikan dalam pembelajaran tematik. Dari sudut pandang transdisciplinarity maka pengotakan konten kurikulum secara terpisah ketat tidak memberikan keuntungan bagi kemampuan berpikir selanjutnya.
Berikut ini daftar tema dan alokasi waktu pada pembelajaran tematik integratif SD di kurikulum 2013
KELAS I | |
TEMA | WAKTU |
1. Diri Sendiri | 4 Minggu |
2. Kegemaranku | 4 Minggu |
3. Kegiatanku | 4 Minggu |
4. Keluargaku | 4 Minggu |
5. Pengalamanku | 4 Minggu |
6. Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri | 4 Minggu |
7. Benda, Binatang, dan Tanaman di sekitarku | 4 Minggu |
8. Peristiwa Alam | 4 Minggu |
KELAS II | |
TEMA | WAKTU |
1. Hidup Rukun | 4 Minggu |
2. Bermain di Lingkunganku | 4 Minggu |
3. Tugasku Sehari-hari | 4 Minggu |
4. Aku dan Sekolahku | 4 Minggu |
5. Hidup Bersih dan Sehat | 4 Minggu |
6. Air, Bumi, dan Matahari | 4 Minggu |
7. Merawat Hewan dan Tumbuhan | 4 Minggu |
8. Keselamatan di Rumah dan Perjalanan | 4 Minggu |
KELAS III | |
TEMA | WAKTU |
1. Sayangi Hewan dan Tumbuhan di Sekitar | 3 Minggu |
2. Pengalaman yang Mengesankan | 3 Minggu |
3. Mengenal Cuaca dan Musim | 3 Minggu |
4. Ringan Sama Dijinjing Berat Sama Dipikul | 3 Minggu |
5. Mari Kita Bermain dan Berolahraga | 3 Minggu |
6. Indahnya Persahabatan | 3 Minggu |
7. Mari Kita Hemat Energi untuk Masa Depan | 3 Minggu |
8. Berperilaku Baik dalam Kehidupan Sehari-hari | 3 Minggu |
9. Menjaga Kelestarian Lingkungan | 3 Minggu |
KELAS IV | |
TEMA | WAKTU |
1. Indahnya Kebersamaan | 3 Minggu |
2. Selalu Berhemat Energi | 3 Minggu |
3. Peduli terhadap Makhluk Hidup | 3 Minggu |
4. Berbagai Pekerjaan | 3 Minggu |
5. Menghargai Jasa Pahlawan | 3 Minggu |
6. Indahnya Negeriku | 3 Minggu |
7. Cita-citaku | 3 Minggu |
8. Daerah Tempat Tinggalku | 3 Minggu |
9. Makanan Sehat dan Bergizi | 3 Minggu |
KELAS V | |
TEMA | WAKTU |
1. Bermain dengan Benda-benda di sekitar | 7 Minggu |
2. Peristiwa dalam Kehidupan | 7 Minggu |
3. Hidup Rukun | 6 Minggu |
4. Sehat itu Penting | 7 Minggu |
5. Bangga Sebagai Bangsa Indonesia | 6 Minggu |
KELAS VI | |
TEMA | WAKTU |
1. Selamatkan makhluk hidup | 6 Minggu |
2. Persatuan dalam perbedaan | 5 Minggu |
3. Tokoh dan Penemu | 6 Minggu |
4. Globalisasi | 6 Minggu |
5. Wirausaha | 7 Minggu |
6. Kesehatan masyarakat | 8 Minggu |
Kalau mau lebih jelasnya dapat diunduh di tautan berikut ini
Daftar Tema dan Alokasi Waktu Kurikulum 2013 SD
Download Contoh RPP Kurikulum 2013
Salam Kurikulum 2013, pada tahun pelajaran 2013/2014 ini beberapa sekolah sudah ditunjuk untuk menerapkan Kurikuum 2013. Kali ini Panduan Kurikulum 2013 mencoba berbagi tentang download contoh RPP Kurikulum
2013".
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana yang
menggambarkan prosedur dan menajemen pembelajaran untuk mencapai satu
atau lebih kompetensi dasar yang telah dijabarkan dalam silabus. RPP ini
dapat digunakan oleh setiap pengajar sebagai pedoman umum untuk
melaksanakan pembelajaran kepada peserta didiknya, karena di dalamnya
berisi petunjuk secara rinci, pertemuan demi pertemuan, mengenai tujuan,
ruang lingkup materi yang harus diajarkan, kegiatan belajar mengajar,
media, dan evaluasi yang harus digunakan.
Perubahan kurikulum dari KTSP ke Kurikulum 2013 membanwa perubahan rencana pelaksanaan pembelajaran yang di susun saat ini. Rpp 2013 lebih menekankan pada materi tematik yang fokus di membaca, menulis dan berhitung.
Contoh RPP Kurikulum 2013. Untuk anda yang ingin mendownload Contoh RPP Kurikulum 2013 silahkan klik di bawah ini...
Download RPP Kurikulum 2013
Sumber : http://www.candrawira.com
Terimakasih, Semoga Informasi Kurikulum 2013 di atas bermanfaat.
Download Contoh Silabus Kurikulum 2013
Bravo Kurikulum 2013, kali ini Info Kurikulum 2013 akan coba berikan contoh Silabus Kurikulum 2013 yang bisa didownload. Sebelum mengikuti pelatihan PTK yang rencananya awal Juli 2013 ini, mudah-mudahan contoh silabus kurikulum 2013 ini dapat menjadi gambaran dan bermanfaat bagi guru yang akan menerapkan Kurikulum 2013.
Kurikulum 2013
adalah kurikulum baru yang akan menjadi pedoman dalam melakukan
pembelajaran di kelas. Kurikulum Pendidikan 2013 ini dalam penerapanya
menggunkan metode pembelajaran tematik yang mengambil pokok bahasan
pelajaran berdasarkan tema dengan menggabungkan beberapa pelajaran
menjadi satu.
Untuk menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran / RPP 2013 dibutuhkan silabus sebagai pedoman dalam penyusunan materi yang akan di ajarkan. Berikut ini saya share bagi anda yang ingin Mendownload Silabus Kurikulum 2013 SD :
Download Silabus Kurikulum 2013
Download Silabus Kurikulum 2013 Kelas 1
Untuk menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran / RPP 2013 dibutuhkan silabus sebagai pedoman dalam penyusunan materi yang akan di ajarkan. Berikut ini saya share bagi anda yang ingin Mendownload Silabus Kurikulum 2013 SD :
Download Silabus Kurikulum 2013
Download Silabus Kurikulum 2013 Kelas 1
- 1. Silabus Diri Sendiri_ Jujur, Tertib dan Bersih
- 2. Silabus Kegemaranku
- 3. Silabus Kegiatanku
- 4. Silabus Keluargaku
- 5. Silabus Pengalamanku
- 6. Silabus Lingkungan Bersih dan Sehat
- 7. Silabus Benda, Binatang dan Tanaman di Sekitarku
- 8. Silabus Peristiwa Alam
Download Silabus Kurikulum 2013 Kelas 2
- 1. Silabus Hidup Rukun
- 2. Silabus Bermain di Lingkunganku
- 3. Silabus Tugas Sehari-hari
- 4. Silabus Aku dan Sekolahku
- 5. Silabus Hidup Sehat dan Bersih
- 6. Silabus Air Bumi dan Matahari
- 7. Silabus Merawat Hewan dan Tumbuhan
- 8. Silabus Keselamatan di Rumah dan Perjalanan
Download Silabus Kurikulum 2013 Kelas 3
- 1. Silabus Sayangi Hewan dan Tumbuhan di Sekitar
- 2. Silabus Pengalaman yang Mengesankan
- 3. Silabus Mengenal Cuaca dan Musim
- 4. Silabus Ringan Sama Dijinjing Berat Sama Dipikul
- 5. Silabus Mari Bermain dan Berolahraga
- 6. Silabus Indahnya Persahabata
- 7. Silabus Mari Kita Berhemat untuk Masa Depan
- 8. Silabus Berperilaku Baik dalam Kehidupan Sehari-hari
- 9. Silabus Menjaga Kelestarian Lingkungan
- 1. Silabus Indahnya Kebersamaan
- 2. Silabus Selalu Berhemat Energi
- 3. Silabus Peduli terhadap Makhluk Hidup
- 4. Silabus Berbagai Pekerjaan
- 5. Silabus Menghargai Jasa Pahlawa
- 6. Silabus Indahnya Negeriku
- 7. Silabus Cita-citaku
- 8. Silabus Daerah Tempat Tinggalku
- 9. Silabus Makanan Sehat dan Bergizi
- 1. Silabus Bermain dengan Benda-benda di Sekitarnya
- 2. Silabus Peristiwa Dalam Kehidupan
- 3. Silabus Hidup Rukun
- 4. Silabus BANGGA SEBAGAI BANGSA INDONESIA
- 5. Silabus SEHAT ITU PENTING
- 1. Silabus Selamatkan Makhluk Hidup
- 2. Silabus Bhinneka Tunggal Ika
- 3. Silabus Tokoh dan Penemu
- 4. Silabus Globalisas
- 5. Silabus Wirausaha
- 6. Silabus Kesehatan Masyarakat
Sumber : http://www.candrawira.com/
Terimakasih, Semoga Informasi Kurikulum 2013 di atas bermanfaat.