Pages

Friday 28 June 2013

Download Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI-KD) SD/MI Kurikulum 2013



Kompetensi Inti merupakan kompetensi yang mengikat berbagai Kompetensi Dasar ke dalam aspek sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas, dan mata pelajaran.


Mata pelajaran adalah unit organisasi Kompetensi Dasar yang terkecil. Untuk kurikulum SD/MI organisasi Kompetensi Dasar kurikulum dilakukan melalui pendekatan terintegrasi (integrated curriculum).

Kompetensi Inti SD adalah sebagai berikut:



Selanjutnya bagi rekan yang ingin mengetahui dan mempelajari KI-KD Kurikulum 2013 SD/MI untuk setiap mata pelajaran, silakan unduh dengan meng-klik link tautan berikut ini

Selanjutnya bagi rekan yang ingin mengetahui, mempelajari dan mengoleksi KI-KD Kurikulum 2013 SD/MI untuk setiap mata pelajaran, silakan unduh dengan meng-klik tautan berikut ini....

KI-KD Pendidikan Agama SD

KI-KD Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SD

KI-KD Bahasa Indonesia SD

KI-KD Matematika SD

KI-KD IPA SD

KI-KD IPS SD

KI-KD Seni Budaya dan Prakarya SD

KI-KD Penjasorkes SD

Download Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI-KD) SMP Kurikulum 2013

Mata pelajaran adalah unit organisasi terkecil dari Kompetensi Dasar. Untuk kurikulum SMP/MTs organisasi Kompetensi Dasar kurikulum dilakukan dengan cara mempertimbangkan kesinambungan antar kelas dan keharmonisan antarmata pelajaran yang diikat dengan Kompetensi Inti. Berdasarkan pendekatan ini maka terjadi reorganisasi Kompetensi Dasar mata pelajaran sehingga struktur Kurikulum SMP/MTs menjadi lebih sederhana karena jumlah mata pelajaran dan jumlah materi berkurang.



Khusus untuk muatan lokal, Kompetensi Dasar yang berkenaan dengan seni budaya, dan keterampilan, serta bahasa daerah dapat diintegrasikan ke dalam mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya. Sedangkan Kompetensi Dasar muatan lokal yang berkenaan dengan olahraga serta permainan daerah diintegrasikan ke dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.

Kompetensi Inti SMP/MTs adalah sebagai berikut:


Selanjutnya bagi rekan-rekan yang ingin mengetahui, mempelajari dan mengoleksi KI-KD Kurikulum 2013 SMP/MTs untuk setiap mata pelajaran, silakan unduh dengan meng-klik tautan berikut ini

KI-KD Pendidikan Agama SMP

KI-KD Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP

KI-KD Bahasa Indonesia SMP

KI-KD Bahasa Inggris SMP

KI-KD Matematika SMP

KI-KD IPA SMP

KI-KD IPS SMP

KI-KD SENI BUDAYA SMP

KI-KD PENJASORKES SMP

KI-KD PRAKARYA SMP

Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) pada Kurikulum 2013

Ada beberapa hal yang perlu dimengerti terutama mengenai istilah kompetensi inti dan kompetensi dasar. Menilik pada KTSP, bawah kedalaman muatan kurikulum dituangkan dalam kompetensi yang terdiri atas standar kompetensi dan kompetensi dasar pada setiap tingkat dan/atau semester. Standar kompetensi merupakan penjabaran dari standar kompetensi lulusan (SKL). SKL secara keseluruhan terdiri atas SKL satuan pendidikan, standar kompetensi  kelompok mata pelajaran, standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD) mata pelajaran. Kompetensi Dasar merupakan sejumlah kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan untuk menyusun indikator kompetensi.



Nah..pada kurikulum 2013 nanti, istilah SK-KD ini akan digantikan menjadi Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Apakah pengertian 2 istilah tersebut? Baiklah..mari kita simak penjelasan berikut yang saya ambil dari dokumen kurikulum 2013..

Kompetensi Inti merupakan terjemahan atau operasionalisasi SKL dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki mereka yang telah menyelesaikan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu atau jenjang pendidikan tertentu, gambaran mengenai kompetensi utama yang dikelompokkan ke dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan (afektif, kognitif, dan psikomotor) yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran. Kompetensi Inti harus menggambarkan kualitas yang seimbang antara pencapaian hard skills dan soft skills.

Kompetensi Inti berfungsi sebagai unsur pengorganisasi (organising element) kompetensi dasar. Sebagai unsur pengorganisasi, Kompetensi Inti merupakan pengikat untuk organisasi vertikal dan organisasi horizontal Kompetensi Dasar. Organisasi vertikal Kompetensi Dasar adalah keterkaitan antara konten Kompetensi Dasar satu kelas atau jenjang pendidikan ke kelas/jenjang di atasnya sehingga memenuhi prinsip belajar yaitu terjadi suatu akumulasi yang berkesinambungan antara konten yang dipelajari siswa. Organisasi horizontal adalah keterkaitan antara konten Kompetensi Dasar satu mata pelajaran dengan konten Kompetensi Dasar dari mata pelajaran yang berbeda dalam satu pertemuan mingguan dan kelas yang sama sehingga terjadi proses saling memperkuat.

Kompetensi Inti dirancang dalam empat kelompok yang saling terkait yaitu berkenaan dengan sikap keagamaan (kompetensi inti 1), sikap sosial (kompetensi 2), pengetahuan (kompetensi inti 3), dan penerapan pengetahuan (kompetensi 4). Keempat kelompok itu menjadi acuan dari Kompetensi Dasar dan harus dikembangkan dalam setiap peristiwa pembelajaran secara integratif. Kompetensi yang berkenaan dengan sikap keagamaan dan sosial dikembangkan secara tidak langsung (indirect teaching) yaitu pada waktu peserta didik belajar tentang pengetahuan (kompetensi kelompok 3) dan penerapan pengetahuan (kompetensi Inti kelompok 4).

Kompetensi Dasar merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang diturunkan dari Kompetensi Inti. Kompetensi Dasar adalah konten atau kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didik. Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran.

Mata pelajaran sebagai sumber dari konten untuk menguasai kompetensi bersifat terbuka dan tidak selalu diorganisasikan berdasarkan disiplin ilmu yang sangat berorientasi hanya pada filosofi esensialisme dan perenialisme. Mata pelajaran dapat dijadikan organisasi konten yang dikembangkan dari berbagai disiplin ilmu atau non disiplin ilmu yang diperbolehkan menurut filosofi rekonstruksi sosial, progresif atau pun humanisme. Karena filosofi yang dianut dalam kurikulum adalah eklektik seperti dikemukakan di bagian landasan filosofi maka nama mata pelajaran dan isi mata pelajaran untuk kurikulum yang akan dikembangkan tidak perlu terikat pada kaedah filosofi esensialisme dan perenialisme.

Untuk dapat lebih memahami dari penjelasan di atas, anda bisa baca penjabarannya pada postingan saya berikutnya. Terima kasih.

Struktur Kurikulum 2013 SMP/MTs

Struktur kurikulum adalah juga merupakan aplikasi konsep pengorganisasian konten dalam sistem belajar dan pengorganisasian beban belajar dalam sistem pembelajaran. Pengorganisasian konten dalam sistem belajar yang digunakan untuk kurikulum yang akan datang adalah sistem semester sedangkan pengorganisasian beban belajar dalam sistem pembelajaran berdasarkan jam pelajaran per semester.

Beban belajar di SMP/MTs untuk kelas VII, VIII, dan IX masing-masing 38 jam per minggu. Jam belajar SMP/MTs adalah 40 menit.
Struktur Kurikulum SMP/MTs adalah sebagai berikut:



Keterangan:
*Muatan lokal dapat memuat Bahasa Daerah

Ekstra Kurikuler SMP/MTs antara lain:
-    Pramuka (Wajib)
-    OSIS
-    UKS
-    PMR

Kelompok A adalah mata pelajaran yang memberikan orientasi kompetensi lebih kepada aspek kognitif dan afektif sedangkan kelompok B adalah mata pelajaran yang lebih menekankan pada aspek afektif dan psikomotor. Seni Budaya dan Prakarya menjadi dua mata pelajaran yang terpisah. Untuk seni budaya didalamnya terdapat pilihan yang disesuaikan dengan minat siswa dan kesiapan satuan pendidik dalam melaksanakannya.

Dalam struktur kurikulum SMP/MTs ada penambahan jam belajar per minggu dari semula 32, 32, dan 32 menjadi 38, 38 dan 38 untuk masing-masing kelas VII, VIII, dan IX.  Sedangkan lama belajar untuk setiap jam belajar di SMP/MTs tetap yaitu 40 menit.

Struktur Kurikulum 2013 untuk SD/MI

Struktur kurikulum menggambarkan konseptualisasi konten kurikulum dalam bentuk mata pelajaran, posisi konten/mata pelajaran dalam kurikulum, dostribusi konten/mata pelajaran dalam semester atau tahun, beban belajar untuk mata pelajaran dan beban belajar per minggu untuk setiap siswa.

Struktur kurikulum terdiri atas sejumlah mata pelajaran, beban belajar, dan kalender pendidikan.

Struktur Kurikulum 2013 untuk SD/MI adalah sebagai berikut:


Keterangan:

*Muatan lokal dapat memuat Bahasa Daerah

Kegiatan Ekstra Kurikuler SD/MI antara lain:

-          Pramuka (Wajib)

-          UKS

-          PMR

Kelompok A adalah mata pelajaran yang memberikan orientasi kompetensi lebih kepada aspek kognitif dan afektif sedangkan kelompok B adalah mata pelajaran yang lebih menekankan pada aspek afektif dan psikomotor.

Integrasi Kompetensi Dasar IPA dan IPS didasarkan pada keterdekatan makna dari konten Kompetensi Dasar IPA dan IPS dengan konten Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, serta Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang berlaku untuk kelas I, II, dan III. Sedangkan untuk kelas IV, V dan VI, Kompetensi Dasar IPA dan IPS berdiri sendiri dan kemudian diintegrasikan ke dalam tema-tema yang ada untuk kelas IV, V dan VI.

Unduh Gratis Buku Kurikulum 2013 SD

Viva Kurikulum 2013. Kali ini saya ingin berbagi tentang buku pelajaran yang digunakan untuk Kurikulum 2013. Buku Pelajaran Kurikulum 2013 sudah bisa dibaca, dipelajari dan diunduh alias didownload secara gratis. Buku Tematik Kurikulum 2013 untuk SD terdiri dari 8 tema untuk kelas 1 dan 9 tema untuk kelas 4, serta 1 buku mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dan 1 buku Penjaskes. Buku Kurikulum 2013 ada dua jenis yaitu Buku Pegangan Siswa dan Buku Pegangan Guru. Untuk Implementasi tahap pertama ini sekolah yang menerapkan Kurikulum 2013 hanya Kelas I SD dan Kelas IV SD.


Memang..implementasi Kurikulum 2013 masih pada tahap pelatihan PTK, dimulai pelatihan Instruktur Nasional, kemudian pelatihan Guru Inti dan selanjutnya pelatihan untuk Guru Sasaran. Bagi sekolah yang ditunjuk untuk melaksanakan Kurikulum 2013, semua fasilitas dan keperluan implementasi Kurikulum 2013 akan dipersiapkan oleh pemerintah termasuk mendapatkan buku gratis. Sekolah yang tidak ditunjuk pun dapat mengajukan diri untuk menerapkan Kurikulum 2013, namun untuk buku diadakan secara swadaya.


Nah..sekarang untuk memperoleh buku-buku BSE Kurikulum 2013 dapat dengan mudah diunduh secara gratis melalui Rumah Belajar Kemdikbud. Ok..langsung saja saya akan berikan link unduhan untuk dapat mendownload Buku Pelajaran SD Tematik

Download Buku Kurikulum 2013 Kelas 1 SD











Download Buku Kurikulum 2013 Kelas IV SD











Cara mendownload di adf.ly, tunggu hingga pada pojok kanan atas ada tulisan "SKIP AD" atau "LEWATI" lalu klik pada tulisan tersebut. Demikianlah yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Thursday 27 June 2013

Daftar Tema dan Alokasi Waktu Kurikulum 2013 SD

Kurikulum SD/MI menggunakan pendekatan pembelajaran tematik integratif dari kelas I sampai kelas VI. Pembelajaran tematik integratif merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari berbagai mata pelajaran ke dalam berbagai tema.

Pengintegrasian tersebut dilakukan dalam dua hal, yaitu integrasi sikap, keterampilan dan pengetahuan dalam proses pembelajaran dan integrasi berbagai konsep dasar yang berkaitan. Tema merajut makna berbagai konsep dasar sehingga peserta didik tidak belajar konsep dasar secara parsial. Dengan demikian pembelajarannya memberikan makna yang utuh kepada peserta didik seperti tercermin pada berbagai tema yang tersedia.

Dalam pembelajaran tematik integratif, tema yang dipilih berkenaan dengan alam dan kehidupan manusia. Untuk kelas I, II, dan III, keduanya merupakan pemberi makna yang substansial terhadap mata pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, Seni-Budaya dan Prakarya, serta Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Di sinilah Kompetensi Dasar dari IPA dan IPS yang diorganisasikan ke mata pelajaran lain memiliki peran penting sebagai pengikat dan pengembang Kompetensi Dasar mata pelajaran lainnya.

Dari sudut pandang psikologis, peserta didik belum mampu berpikir abstrak untuk memahami konten mata pelajaran yang terpisah kecuali kelas IV, V, dan VI sudah mulai mampu berpikir abstrak. Pandangan psikologi perkembangan dan Gestalt memberi dasar yang kuat untuk integrasi Kompetensi Dasar yang diorganisasikan dalam pembelajaran tematik. Dari sudut pandang transdisciplinarity maka pengotakan konten kurikulum secara terpisah ketat tidak memberikan keuntungan bagi kemampuan berpikir selanjutnya.

Berikut ini daftar tema dan alokasi waktu pada pembelajaran tematik integratif SD di kurikulum 2013


KELAS I
TEMA WAKTU
1. Diri Sendiri 4 Minggu
2. Kegemaranku 4 Minggu
3. Kegiatanku 4 Minggu
4. Keluargaku 4 Minggu
5. Pengalamanku 4 Minggu
6. Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri 4 Minggu
7. Benda, Binatang, dan Tanaman di sekitarku 4 Minggu
8. Peristiwa Alam 4 Minggu




KELAS II
TEMA WAKTU
1.   Hidup Rukun 4 Minggu
2.   Bermain di Lingkunganku 4 Minggu
3.   Tugasku Sehari-hari 4 Minggu
4.   Aku dan Sekolahku 4 Minggu
5.   Hidup Bersih dan Sehat  4 Minggu
6.   Air, Bumi, dan Matahari 4 Minggu
7.   Merawat Hewan dan Tumbuhan 4 Minggu
8.   Keselamatan di Rumah dan Perjalanan 4 Minggu


KELAS III
TEMA WAKTU
1.   Sayangi Hewan dan Tumbuhan di Sekitar 3 Minggu
2.   Pengalaman yang Mengesankan 3 Minggu
3.   Mengenal Cuaca dan Musim 3 Minggu
4.   Ringan Sama Dijinjing Berat Sama Dipikul 3 Minggu
5.   Mari Kita Bermain dan Berolahraga 3 Minggu
6.   Indahnya Persahabatan 3 Minggu
7.   Mari Kita Hemat Energi untuk Masa Depan 3 Minggu
8.   Berperilaku Baik dalam Kehidupan Sehari-hari 3 Minggu
9.   Menjaga Kelestarian Lingkungan 3 Minggu


KELAS IV
TEMA WAKTU
1.   Indahnya Kebersamaan 3 Minggu
2.   Selalu Berhemat Energi 3 Minggu
3.   Peduli terhadap Makhluk Hidup 3 Minggu
4.   Berbagai Pekerjaan 3 Minggu
5.   Menghargai Jasa Pahlawan 3 Minggu
6.   Indahnya Negeriku 3 Minggu
7.   Cita-citaku 3 Minggu
8.   Daerah Tempat Tinggalku 3 Minggu
9.   Makanan Sehat dan Bergizi 3 Minggu


KELAS V
TEMA WAKTU
1.     Bermain dengan Benda-benda di sekitar 7 Minggu
2.     Peristiwa dalam Kehidupan 7 Minggu
3.     Hidup Rukun   6 Minggu
4.     Sehat itu Penting 7 Minggu
5.     Bangga Sebagai Bangsa Indonesia 6 Minggu


KELAS VI
TEMA WAKTU
1.   Selamatkan makhluk hidup 6 Minggu
2.   Persatuan dalam perbedaan 5 Minggu
3.   Tokoh dan Penemu  6 Minggu
4.   Globalisasi 6 Minggu
5.   Wirausaha 7 Minggu
6.   Kesehatan masyarakat 8 Minggu

Kalau mau lebih jelasnya dapat diunduh di tautan berikut ini

Daftar Tema dan Alokasi Waktu Kurikulum 2013 SD

Download Contoh RPP Kurikulum 2013

Salam Kurikulum 2013, pada tahun pelajaran 2013/2014 ini beberapa sekolah sudah ditunjuk untuk menerapkan Kurikuum 2013. Kali ini Panduan Kurikulum 2013 mencoba berbagi tentang download contoh RPP Kurikulum 2013".  
 
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan menajemen pembelajaran untuk mencapai satu atau lebih kompetensi dasar yang telah dijabarkan dalam silabus. RPP ini dapat digunakan oleh setiap pengajar sebagai pedoman umum untuk melaksanakan pembelajaran kepada peserta didiknya, karena di dalamnya berisi petunjuk secara rinci, pertemuan demi pertemuan, mengenai tujuan, ruang lingkup materi yang harus diajarkan, kegiatan belajar mengajar, media, dan evaluasi yang harus digunakan.

Perubahan kurikulum dari KTSP ke Kurikulum 2013 membanwa perubahan rencana pelaksanaan pembelajaran yang di susun saat ini. Rpp 2013 lebih menekankan pada materi tematik yang fokus di membaca, menulis dan berhitung.

Contoh RPP Kurikulum 2013. Untuk anda yang ingin mendownload
Contoh RPP Kurikulum 2013 silahkan klik di bawah ini...

Download RPP Kurikulum 2013

Sumber : http://www.candrawira.com


Terimakasih, Semoga Informasi Kurikulum 2013 di atas bermanfaat.

Download Contoh Silabus Kurikulum 2013

Bravo Kurikulum 2013, kali ini Info Kurikulum 2013 akan coba berikan contoh Silabus Kurikulum 2013 yang bisa didownload. Sebelum mengikuti pelatihan PTK yang rencananya awal Juli 2013 ini, mudah-mudahan contoh silabus kurikulum 2013 ini dapat menjadi gambaran dan bermanfaat bagi guru yang akan menerapkan Kurikulum 2013. 
 
Kurikulum 2013 adalah kurikulum baru yang akan menjadi pedoman dalam melakukan pembelajaran di kelas. Kurikulum Pendidikan 2013 ini dalam penerapanya menggunkan metode pembelajaran tematik yang mengambil pokok bahasan pelajaran berdasarkan tema dengan menggabungkan beberapa pelajaran menjadi satu.

Untuk menyusun
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran / RPP 2013 dibutuhkan silabus sebagai pedoman dalam penyusunan materi yang akan di ajarkan. Berikut ini saya  share bagi anda yang ingin Mendownload Silabus Kurikulum 2013 SD :

Download Silabus Kurikulum 2013 


Download Silabus Kurikulum 2013 Kelas 1


Download Silabus 
Kurikulum 2013 Kelas 2
Download Silabus 
Kurikulum 2013 Kelas 3 Download Silabus Kurikulum 2013 Kelas 4 Download Silabus Kurikulum 2013 Kelas 5 Download Silabus Kurikulum 2013 Kelas 6
Sumber : http://www.candrawira.com/

Terimakasih, Semoga Informasi Kurikulum 2013 di atas bermanfaat.